Connect with us

Inilah Tahapan Membuat Sertifikat Hak Milik Atas Tanah

Hukum

Inilah Tahapan Membuat Sertifikat Hak Milik Atas Tanah

Inilah Tahapan Membuat Sertifikat Hak Milik Atas Tanah ~ tanahkupijak.com. tanah merupakan hal yang sensitif dan juga banyak sekali sengketa yang terjadi akibat tanah nah bagi anda yang  baru saja membeli tanah baru dan anda ingin tanah anda yang baru dibeli langsung tersertifikat atas nama anda namun binggung untuk memulai langkah dari mana berikut 5 tahapan dalam membuat sertifikat hak milik atas tanah :

Tahap 1.
Pengurusan kelengkapan dokumen untuk pendaftaran seperti : – Foto copy KTP & Kartu Keluarga – Akta Jual Beli – Foto copy girik yang dipegang – Dokumen tambahan dari kelurahanJadi pertama saya sarankan pemilik tanah melakukan konsultasi dengan BPN dulu (karena BPN yang membuat sertipikat bukan kelurahan), bawa dokumen-dokumennya dan tanyakan kelengkapan dokumen, atau apa saja yang kurang.

Tahap 2.
Melengkapi dokumen kepemilikan sebidang tanah yaitu Surat Tanah dari kelurahan dan Kecamatan, kelengkapan atas surat-surat ini diindikasikan dengan terlihatnya urutkan kepemilikan tanah dari awal perolehan pertama sampai atas nama saudara.

Tahap 3.
Pendaftaran ke BPN dengan membuat janji untuk waktu pengukuran tanah oleh petugas ukur, nantinya pada saat pengukuran harus dihadiri oleh yang punya tanah dan tetangganya, ouput dalam tahap ini adalah Surat Ukur atau Gambar Ukur.

Tahap 4.
Setelah berkas dinyatakan lengkap, maka permohonan sudah dapat diproses untuk pembuatan sertipikat oleh BPN. Disini ada waktu tenggang untuk penyelesaiannya, juga nantinya akan ada pemeriksaan tanah yang kedua dan harus turun ke lapangan, pemeriksaan ini dimaksudkan apakah tanah sudah sesuai dengan peruntukannya (RTRW).

Tahap 5.
Finishing pembuatan sertipikat oleh BPN. Disini ada waktu tenggang untuk penyelesaiannya, pembuatan SK Hak Atas Tanah, Penjahitan Sertipikat dan pekerjaan lainnya terkait prosedur pembuatan sertipikat dengan  Tunggu.

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum

To Top