Connect with us

Pemanfaatan dan Pengaturan Sultans Grond

Sultans Grond

Pemanfaatan dan Pengaturan Sultans Grond

Di wilayah Bantul banyak tanah sultan grond, baik di Pantai Selatan maupun di daerah pegunungan. Salah satunya di Kecamatan Imogiri. Hamparan luas daerah pegunungan merupakan sultan grond yang dimanfaatkan warga maupun untuk kepentingan umum. Seperti di Desa Selopamioro Imogiri, selain dimanfaatkan untuk pertanian dan penghijauan, sebagian sultan grond juga digunakan untuk lokasi Sekolah Polisi Negara (SPN) yang. Ada lagi yang digunakan untuk bangunan sekolah, pemakaman dan Masjid. Tidak hanya untuk kepentingan umum tanah sultan digunakan, untuk transmigrasi lokal dan disewakan kepada pihak swasta.

Secara yuridis formal, berdasarkan UU No 5 Tahun 1960 tentang Pokok Agraria (UUPA), sultans grond dianggap tidak ada. Hak-hak dan wewenang-wewenang atas bumi dan air dari Swapraja atau bekas Swapraja yang masih ada, pada waktu mulai berlakunya UUPA hilang dengan sendirinya dan beralih kepada negara. Dengan kata lain sultans grond beralih kepada negara atau menjadi tanah negara. Meski demikian, sultan grond memang secara nyata ada dan diakui oleh pemerintah. Ini terlihat saat pemerintah membutuhkan tanah untuk keperluan negara, maka pemerintah selalu memohon izin kepada Keraton.

Di samping itu, pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono X tentang Sultans Grond (SG) sungguh mengagetkan. Tanah tersebut selama ini tidak memiliki alas hak yang kuat, tak ada sertifikatnya. Karena itu Sultan meminta kepada pemerintah pusat untuk memberi kepastian hukum atas tanah tersebut. Tanah Sultan atau sultans grond banyak tersebar di Bantul. Luasnya mencapai ribuan hektar. Kebanyakan digunakan untuk tempat tinggal dengan status magersari. Tanah-tanah itu tidak memiliki sertifikat, melainkan serat kekancingan yang dikeluarkan Keraton. Tentu dengan konsekuensi siap pindah apabila tanah yang ditempati diminta Keraton. Selama ini, meski menempati tanah SG. Kecuali mereka yang telah memiliki serat kekancingan, tiap tahun harus membayar pisungsung ke Kraton.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sultans Grond

To Top